Kompetensi Dasar Tema 9 ‘Lingkungan Sekitar Kita’
Kelas 5 Semester Genap
Sub
Tema 1 : Manusia dan Lingkungan
|
|||
P1
|
Mat
|
3.8
|
Memahami arti rata-rata, median, dan
modus dari sekumpulan data
|
3.8.1
|
Mengurutkan sekumpulan data
|
||
4.14
|
Mengumpulkan, menata, membandingkan
dan menyajikan data cacahan dan ukuran menggunakan tabel, grafik batang
piktogram, dan diagram lingkaran (grafik kue serabi)
|
||
4.14.1
|
Mengumpulkan data dengan pencatatan
langsung dengan lembar isian
|
||
4.15
|
Membuat kuesioner/lembar isian
sederhana untuk mendapatkan informasi tertentu
|
||
4.15.1
|
Menentukan informasi yang akan
dikumpulkan dan sumber-sumber yang tepat untuk memperoleh informasi tersebut
|
||
4.15.2
|
Membuat daftar pertanyaan yang tepat
untuk mengumpulkan informasi
|
||
IPA
|
3.4
|
Mengidentifikasi perubahan yang
terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh
kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
|
|
3.4.1
|
Menjelaskan pengaruh kegiatan manusia
terhadap perubahan yang terjadi di alam
|
||
4.7
|
Menyajikan hasil laporan tentang
permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia serta
memprediksi apa yang terjadi di alam
|
||
4.7.1
|
Menuliskan informasi dari bacaaan
tentang permasalahan terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia
|
||
BI
|
3.1
|
Menggali informasi dari teks laporan
buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan
ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan
teman dan dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku
|
|
3.1.1
|
Membaca teks tentang alam dan pengaruh
kegiatan manusia
|
||
4.1
|
Mengamati, mengolah, dan menyajikan
teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia,
keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
|
||
4.1.1
|
Menuliskan informasi dari teks tentang
alam dan pengaruh kegiatan manusia
|
||
P2
|
IPA
|
3.4.2
|
Menjelaskan pengaruh kegiatan manusia
terhadap perubahan yang terjadi di alam
|
4.7.2
|
Menuliskan usaha pelestarian
lingkungan
|
||
BI
|
3.1.2
|
Membaca syair lagu tentang alam dan
pengaruh kegiatan manusia
|
|
4.1.2
|
Menuliskan informasi dari syair lagu
tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia
|
||
P3
|
PPKn
|
3.2
|
Memahami hak kewajiban dan
tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, di sekolah
|
3.2.1
|
Menunjukkan hak kewajiban dan
tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah,
dan masyarakat yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan
|
||
4.2
|
Melaksanakan kewajiban dan menegakkan
aturan di lingkungan rumah, dan sekolah
|
||
4.2.1
|
Menyebutkan kewajiban terhadap
lingkungan yang telah dan belum dilakukan di rumah
|
||
Mat
|
3.8.2
|
Menentukan median dan modus suatu data
|
|
4.14.2
|
Menyajikan data menggunakan tabel,
grafik batang diagram, dan diagram lingkaran
|
||
BI
|
3.1.3
|
Menjelaskan hak dan kewajiban manusia
terhadap keseimbangan ekosistem
|
|
4.1.3
|
Menuliskan hak dan kewajiban manusia
terhadap keseimbangan ekosistem
|
||
P4
|
IPS
|
3.5
|
Memahami manusia Indonesia dalam
bentu-bentuk dan sifat dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi
|
3.5.1
|
Menunjukkan sifat dan karakteristik
manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika interaksinya dengan
lingkungan alamnya
|
||
4.3
|
Menyajikan pemahaman tentang manusia
dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
|
||
4.3.1
|
Menyusun sebuah laporan tertulis
tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi
geografis di lingkungannya
|
||
PPKn
|
3.2.2
|
Melakukan wawancara kepada orang-orang
di sekitarnya tentang akibat-akibat jika tidak melaksanakan kewajiban
terhadap lingkungan
|
|
4.2.2
|
Bermain peran tentang pentingnya
menjaga lingkungan alam
|
||
P5
|
IPA
|
3.4.3
|
Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan
yang dapat dilakukan manusia untuk perbaikan keseimbangan lingkungan
|
4.7.2
|
Membuat laporan usaha perbaikan
keseimbangan lingkungan
|
||
BI
|
3.1.4
|
Membaca teks tentang keseimbangan
ekosistem dan pengaruh kegiatan manusia
|
|
3.1.5
|
Mencari arti kata-kata baru
|
||
4.1.4
|
Menuliskan informasi dari teks tentang
keseimbangan ekosistem dan pengaruh kegiatan manusia
|
||
P6
|
IPS
|
3.5.1
|
Menunjukkan sifat dan karakteristik
manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika interaksinya dengan
lingkungan alamnya
|
4.3.1
|
Menyusun sebuah laporan tertulis
tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi
geografis di lingkungannya
|
||
BI
|
3.1.2
|
Membaca syair lagu tentang alam dan
pengaruh kegiatan manusia
|
|
4.1.2
|
Menjelaskan isi syair lagu tentang
alam
|
||
Sub
Tema 2 : Perubahan Lingkungan
|
|||
P1
|
Mat
|
3.9
|
Memahami konsep frekuensi relatif
melalui percobaan dan tabel
|
3.9.1
|
Memahami konsep frekuensi relatif
melalui tabel
|
||
4.16
|
Menyatakan kesimpulan berdasarkan data
tabel atau grafik
|
||
4.16.1
|
Membuat kesimpulan dari data tabel
|
||
IPA
|
3.4.2
|
Menjelaskan pengaruh kegiatan manusia
terhadap perubahan yang terjadi di alam
|
|
4.7.3
|
Membuat laporan akibat pemanfaatan
lingkungan yang tidak seimbang
|
||
BI
|
3.1.6
|
Menjelaskan kegiatan pemanfaatan alam
oleh manusia yang dapat mengganggu keseimbangan alam
|
|
4.1.5
|
Membuat laporan tentang akibat-akibat
pemanfaatan alam yang sembarangan
|
||
P2
|
IPA
|
3.4.2
|
Menjelaskan pengaruh kegiatan manusia
terhadap perubahan yang terjadi di alam
|
4.7.3
|
Membuat laporan akibat pemanfaatan
lingkungan yang tidak seimbang
|
||
BI
|
3.1.6
|
Menjelaskan kegiatan pemanfaatan alam
oleh manusia yang dapat mengganggu keseimbangan alam
|
|
4.1.5
|
Membuat laporan tentang akibat-akibat
pemanfaatan alam yang sembarangan
|
||
P3
|
PPKn
|
3.6
|
Memahami perlunya saling memenuhi
kebutuhan hidup
|
3.6.1
|
Menunjukkan sikap-sikap yang harus
dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan hidup
|
||
4.6
|
Menyajikan dinamika saling memenuhi
keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan Nasional
|
||
4.6.1
|
Melakukan studi pustaka dari berbagai
sumber referensi untuk mengidentifikasi kebutuhan manusia dan cara
pemenuhannya dan menyusunnya dalam bentuk laporan tertulis
|
||
Mat
|
3.9.2
|
Menentukan frekuensi relatif melalui
percobaan
|
|
3.9.3
|
Menentukan nilai terendah, nilai
tertinggi, rata-rata, median dan modus suatu data tabel atau grafik
|
||
4.16.2
|
Membuat kesimpulan berdasarkan hasil
perhitungan nilai terendah, nilai tertinggi, rata-rata, median dan modus
suatu data tabel atau grafik
|
||
BI
|
3.1.7
|
Membaca teks tentang kegiatan manusia
dalam memenuhi keperluan hidup
|
|
4.1.6
|
Menuliskan informasi dari teks tentang
kegiatan manusia dalam memenuhi keperluan hidup
|
||
P4
|
IPS
|
3.2
|
Mengenal perubahan dan keberlanjutan
yang terjadi dalam kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia pada masa
penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek
sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya
|
3.2.1
|
Menunjukkan perubahan kehidupan
manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya dibidang sosial,
ekonomi, pendidikan dan budaya pada masa penjajahan
|
||
4.2
|
Menceritakan hasil pengamatan mengenai
perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia dan
masyarakat Indonesia dan masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan
serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam
berbagai jenis media
|
||
4.2.1
|
Bercerita secara lisan dengan metode
terpandu tentang perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan
dampak keberlanjutannya dibidang sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya pada
masa penjajahan
|
||
PPKn
|
3.2.2
|
Menyebutkan beberapa kewajiban sebagai
peserta didik dalam menyelamatkan barang-barang bersejarah
|
|
4.2.3
|
Berperilaku sesuai dengan kewajiban
sehari-hari di sekolah
|
||
Mat
|
3.3
|
Memilih prosedur pemecahan masalah
dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan
mengamati pola
|
|
3.3.1
|
Menentukan suatu konsep sesuai dengan
sifat-sifat yang dimiliki
|
||
4.3
|
Menunjukkan kesetaraan menggunakan
perkalian atau pembagian dengan jumlah nilai yang tidak diketahui pada kedua
sisi
|
||
4.3.1
|
Menyelesaikan permasalahan menggunakan
perkalian dan pembagian dengan jumlah nilai yang tidak diketahui pada kedua
sisi
|
||
BI
|
3.4
|
Menggali informasi dari teks pantun
dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
|
|
3.4.1
|
Mendeskripsikan kehidupan berbangsa
dan bernegara yang terdapat pada pantun atau syair
|
||
4.4
|
Melantunkan dan menyajikan teks pantun
dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
|
||
4.4.1
|
Menyunting pantun dan syair tentang
kehidupan berbangsa dan bernegara
|
||
P5
|
IPA
|
3.4.2
|
Menjelaskan pengaruh kegiatan manusia
terhadap perubahan yang terjadi di alam
|
4.7.3
|
Membuat laporan akibat pemanfaatan
lingkungan yang tidak seimbang
|
||
BI
|
3.1.6
|
Menjelaskan kegiatan pemanfaatan alam
oleh manusia yang dapat mengganggu keseimbangan alam
|
|
4.1.5
|
Membuat laporan tentang akibat-akibat
pemanfaatan alam yang sembarangan
|
||
P6
|
IPS
|
3.5.1
|
Menunjukkan sifat dan karakteristik
manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika interaksinya dengan lingkungan
budayanya
|
4.5
|
Menceritakan secara tertulis hasil
kajian mengenai aktivitas manusia Indonesia dalam dinamika interaksi dengan
lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
|
||
4.5.1
|
Menyusun artikel sederhana untuk
kemudian dijadikan mading mengenai aktivitas manusia Indonesia dalam dinamika
interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
|
||
BI
|
3.1.6
|
Menjelaskan kegiatan pemanfaatan alam
oleh manusia yang dapat mengganggu keseimbangan alam
|
|
4.1.5
|
Membuat laporan tentang akibat-akibat
pemanfaatan alam yang sembarangan
|
||
Sub
Tema 3 : Pelestarian Lingkungan
|
|||
P1
|
Mat
|
3.8.1
|
Mengurutkan sekumpulan data
|
4.14.1
|
Mengumpulkan data dengan pencatatan
langsung dengan lembar isian
|
||
4.15.1
|
Menentukan informasi yang akan
dikumpulkan dan sumber-sumber yang tepat untuk memperoleh informasi tersebut
|
||
4.15.2
|
Membuat daftar pertanyaan yang tepat
untuk mengumpulkan informasi
|
||
IPA
|
3.4.3
|
Mengidentifikasi
kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan manusia untuk perbaikan keseimbangan
lingkungan
|
|
4.7.2
|
Membuat laporan usaha
perbaikan keseimbangan lingkungan
|
||
BI
|
3.1.7
|
Mencari informasi dari teks laporan
buku tentang kesehatan manusia
|
|
4.1.6
|
Mengolah informasi dari teks laporan
buku tentang kesehatan manusia
|
||
P2
|
IPA
|
3.4.2
|
Menjelaskan pengaruh kegiatan manusia
terhadap perubahan yang terjadi di alam
|
4.7.4
|
Membuat laporan usaha pelesterian
lingkungan
|
||
BI
|
3.1.7
|
Mencari informasi dari teks laporan
buku tentang kesehatan manusia
|
|
4.1.6
|
Mengolah informasi dari teks laporan
buku tentang kesehatan manusia
|
||
P3
|
PPKn
|
3.2.1
|
Menunjukkan hak kewajiban dan
tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah,
dan masyarakat
|
4.2.1
|
Secara lisan menyebutkan hak kewajiban
dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah,
sekolah, dan masyarakat
|
||
Mat
|
3.8.2
|
Menentukan median dan modus suatu data
|
|
4.14.1
|
Mengumpulkan data dengan pencatatan
langsung dengan lembar isian
|
||
4.15.1
|
Menentukan informasi yang akan
dikumpulkan dan sumber-sumber yang tepat untuk memperoleh informasi tersebut
|
||
4.15.2
|
Membuat daftar pertanyaan yang tepat
untuk mengumpulkan informasi
|
||
BI
|
3.1.7
|
Mencari informasi dari teks laporan
buku tentang kesehatan manusia
|
|
4.1.6
|
Mengolah informasi dari teks laporan
buku tentang kesehatan manusia
|
||
P4
|
IPS
|
3.5.1
|
Menunjukkan sifat dan karakteristik
manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika interaksinya dengan
lingkungan alamnya
|
4.3.1
|
Menyusun sebuah laporan tertulis
tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi
geografis di lingkungannya
|
||
PPKn
|
3.2.3
|
Memberikan contoh akibat jika warga
negara tidak memperoleh haknya
|
|
3.2.4
|
Melakukan wawancara kepada orang-orang
di sekitarnya tentang akibat-akibat jika tidak melaksanakan kewajiban
|
||
4.2.3
|
Bermain peran mengenai akibat-akibat
jika sesorang tidak memperoleh haknya
|
||
Mat
|
3.8.3
|
Menentukan rata-rata suatu data
|
|
4.14.1
|
Mengumpulkan data dengan pencatatan
langsung dengan lembar isian
|
||
4.15.1
|
Menentukan informasi yang akan
dikumpulkan dan sumber-sumber yang tepat untuk memperoleh informasi tersebut
|
||
4.15.2
|
Membuat daftar pertanyaan yang tepat
untuk mengumpulkan informasi
|
||
BI
|
3.1.7
|
Mencari informasi dari teks laporan
buku tentang kesehatan manusia
|
|
4.1.6
|
Mengolah informasi dari teks laporan
buku tentang kesehatan manusia
|
||
P5
|
IPA
|
3.4.3
|
Mengidentifikasi dampak kegiatan
manusia terhadap perubahan alam
|
4.7.4
|
Membuat laporan usaha pelesterian
lingkungan
|
||
BI
|
3.1.7
|
Mencari informasi dari teks laporan
buku tentang kesehatan manusia
|
|
4.1.6
|
Mengolah informasi dari teks laporan
buku tentang kesehatan manusia
|
||
P6
|
BI
|
3.1.7
|
Mencari informasi dari teks laporan
buku tentang kesehatan manusia
|
4.1.6
|
Mengolah informasi dari teks laporan
buku tentang kesehatan manusia
|
||
IPS
|
3.5.1
|
Menunjukkan sifat dan karakteristik
manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika interaksinya dengan
lingkungan alamnya
|
|
4.3.1
|
Menyusun sebuah laporan tertulis
tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi
geografis di lingkungannya
|
0 comments:
Post a Comment